|
Selamat Datang, Register | Login
Home » Presensi Jakarta » Bidikmisi Jangkau Fakultas Kedokteran

Bidikmisi Jangkau Fakultas Kedokteran

Rabu, 20 Maret 2013 11:41:07  •  Oleh : redaksi  •    Dibaca : 346

Sejak diluncurkan tiga tahun lalu, beasiswa bidikmisi yang diberikan pada kampus negeri dan kini merambah ke kampus swasta, kerap berjalan timpang. Salah satunya soal peluang dari penerima beasiswa untuk bisa masuk di program studi yang membutuhkan biaya besar, misalnya Fakultas Kedokteran. Tidak banyak kampus yang membuka peluang itu karena dianggap besaran beasiswa yang diberikan tidak sebanding dengan biaya pendidikan.

Namun pekan lalu, Mendikbud Mohammad Nuh berjanji untuk memperluas jangkauan beasiswa Bidikmisi. Jangkauan itu diperuntukkan bagi pendidikan profesi kedokteran, dan  kependidikan. Sebanyak Rp 1,4 triliun anggaran akan disediakan untuk beasiswa Bidikmisi bagi 91.400-an mahasiswa tidak mampu di tahun 2013. Anggaran tersebut lebih besar dari tahun lalu, dikarenakan sebagian anggaran tersebut disiapkan bagi mahasiswa kedokteran dan pendidikan guru agar bisa kuliah sampai menjadi seorang dokter, atau pengajar.

“Kan cita-citanya bukan S.Ked, tapi dokter, begitu juga guru. Jadi, negara masih memperpanjang beasiswanya,” jelas Pak Nuh, sapaan akrabnya.

Bidikmisi adalah program afirmatif Kemdikbud yang dipayungi oleh Undang-Undang No 12 Tahun 2012. Program ini mewajibkan alokasi anggaran minimal 20 persen untuk penerimaan mahasiswa baru yang berasal dari keluarga tidak mampu. Beasiswa yang ditanggung mencakup biaya pendidikan dan juga biaya hidup penerima selama menempuh pendidikan pada kampus yang ditunjuk..her-KP

Baca "Presensi Jakarta" Lainnya

Komentar Anda